Skip to main content

Mau Berkah Barokah, ya Syariah

Sepulang Umroh beberapa hari lalu, entah kesambet malaikat apa, teman saya- sebut saja namanya- Hadi tergopoh-gopoh menelpon saya.  Nadanya bersemangat, mengajak saya makan siang.  Rezeki nomplok pikir saya.

Hadi, beberapa minggu sebelum umroh berdiskusi dengan saya soal rencananya menginvestasikan dananya ke Manulife, supaya juga ada proteksinya.  Mungkin, pikir dia, kali aja dapat berkah bisa meninggal di Mekkah maka ada yang dia bisa wariskan buat keluarga-tentunya selain tabungan yang dia investasikan.  Tapi diskusi itu belum berlanjut, karena konsentrasi mempersiapkan umroh rupanya mengalahkan segalanya.

Dan hari ini, raut mukanya nampak bersinar dan berbeda.  Pertanyaan pertama yang dia ajukan," Bro, bisa nggak aku berinvestasi di Produk Syariah? .  Maka pertanyaan ini saya sambut dengan antusias. "Begini, bagus kalo Hadi sudah ada kesadaran berinvestasi dan mendapatkan proteksi secara syariah, karena itu akan membawa berkah", kata saya. 
Dia penasaran,"Maksudnya gimana bro ?

"Ya, karena konsep asuransi+proteksi syariah berbeda dengan konsep konvensional", Jelas saya.  Wajahnya makin nampak bingung, maka saya teruskan," Dalam konsep asuransi+investasi syariah, kita tidak membayar premi ke perusahaan asuransi, tetapi mengumpulkan secara sukarela (hibah) bersama sekumpulan atau sekelompok orang dengan keinginan yang sama dan uang kumpulan itu (dinamakan: Tabbarrru) akan dikelola oleh Perusahaan Asuransi (dengan pengawasan Dewan Syariah) untuk membayar klaim".  Perusahaan Asuransi hanya mengelola.

"Oya?", matanya terbelalak.  "Artinya Premi yang kita bayarkan bukan sebagai pendapatan perusahaan asuransi, dan klaim yang kita ajukan bukan sebagai biaya perusahaan suransi dong", tanyanya menyelidik, sambil tetap terbelalak.  "Betul", jawab saya tak kalah galak.  Sehingga prinsip berbaginya kental banget.  Hebatnya lagi, nanti ada semacam "bonus" kalau tabarru yang terkumpul itu tak habis untuk membayar klaim.  " Jadi prinsipnya kalah menang ditanggung bersama", kata saya.

Dia mengeluarkan secarik kertas, rupanya memori otaknya mulai berontak, susah menampung penjelasan saya.  "Lalu gimana bro, itu baru dari sisi proteksinya, kalau dari sisi investasinya bagaimana, apakah se prospektif produk investasi konvesional", berondongnya.

Saya tak mau kalah, saya keluarkan juga contekan dari dalam tas saya.  " Lihat", kata saya sambil mengansurkan kertas berisi data-data ke Hadi.  "Kinerja pasar modal di BEI (Bursa Efek Indonesia) itu saat ini ditopang oleh 70% saham syariah, bayangkan transaksi di BEI itu senilai Rp 5.1 Trilyun/hari."  Puyeng juga rupanya dia mendengar kata 5 trilyun rupiah per hari.

Saya tunjuk data lain,"Lihat, Ditinjau dari pertumbuhan harga saham syariah, kapitalisasi saham syariah dan pertumbuhan kapitalisasi sahamnya jelas di atas saham konvesional; artinya sudah berkah (InsyaAllah bebas Riba), juga berkembang baik". 

Entah ngerti atau bingung, sambil mengetuk-ngetuk tuts kalkulator dismartphone nya, dia berhitung.  Saya lihat dia mulai menyerah dengan kebingungannya", Lalu gimana bro, saya harus menempatkan danaku dimana, supaya nilai ekonomisku terlindungi (dari asuransi) dan duit tabunganku berkembang tetapi tetap terjamin ke-halal-an hartaku?"
Saya sambar pertanyaan dia dengan senjata pamungkas."Pilih perusahaan yang kredibel.  jangan berurusan dengan brosur atau iklan, Pilih perusahaan dengan RAR (Risk Adjustment Return) tertinggi, artinya dari resiko 1% bakal dikompensasi keuntungan/return berapa %.  Kayaknya Manulife paling oke, dia RAR paling tinggi (kalau tak kliru 1,02%); dibandingkan IHSG yang 0.86%.  Juga lihat nilai Surplus Underwritingnya; semacam "bonus" yang diberikan karena pada periode tertentu  karena tabbarrru yang dikumpulkan tak banyak terpakai buat bayar klaim".

Walaupun mukanya bingung, saya lihat dia mulai sedikit-sedikit sadar," Jadi uang kita tetap berkah, warisan buat keluarga terjamin, dan yang paling penting investasi berkembang sesuai prinsip syariah ya Bro", pungkasnya.  Kali ini, singkat dan padat, saya jawab", Betul !

Lalu, karena nasi bakar dan soto ayam yang kami pesan sudah datang, sambil sesekali menyendok nasi ke mulut, Hadi menyampaikan keputusan baik, dia mau bergabung dalam "kelompok syariah' Manulife.  Demi keluarganya dan keberkembangan hartanya.  Perjalanan Umroh, benar-benar perjalanan rohani buatnya.  Selamat ya Di... keluargamu pasti bangga banget.

Anda mau dapat pencerahan seperti mas Hadi, bisa kontak saya atau Financial Advisor terdekat anda.  Jangan sampai salah langkah gara-gara iklan atau brosur.

--- Cerita fiktif, disarikan dari berbagai kejadian yang saya alami di dunia nyata ---

Comments

Popular posts from this blog

MAU JUAL GINJAL? BACA SAMPAI SELESAI !

Sudah dua tahun tak bertemu, seorang teman mengirimkan "broadcast message" (BM) di perangkat Blackberry saya. BM-nya agak mengerikan : dia mencari donor ginjal untuk saudaranya yang membutuhkan. Soal harga -bila pendonor bermaksud "menjual" ginjalnya bisa dibicarakan dengannya. Membaca BM itu, saya teringat kisah pak Dahlan Iskan dalam bukunya GANTI HATI. Dengan jenaka beliau bercanda, bahwa kini dia memiliki 2 bintang seharga masing-masing 1 milyar, satu bintang yang biasa dia kendarai kemana-mana (logo mobil Mercedez) dan satu bintang jahitan di perutnya hasil operasi transplatasi hati. Ya, hati pak Dahlan "diganti" dengan hati seorang anak muda dari Cina, kabarnya harganya 1 miliar. Lalu, iseng-iseng saya browsing, dan ketemulah data ini, Data Harga organ tubuh manusia di pasar gelap (kondisi sudah meninggal dibawah 10 jam, sumber :http://namakuddn.wordpress.com/2012/04/27/inilah-daftar-harga-organ-tubuh-manusia-di-pasar-gelap/) 1. Sepasang bola mata: U

KAN SAYA MASIH HIDUP ...

“Harta, sebenarnya belum bisa dikatakan pembagian harta karena saya masih hidup. Tetapi saya tetap akan membagikan hak mereka masing-masing sesuai dengan peraturan agama,” ujar ibu Fariani. Ibu Fariani adalah seorang ibu dengan empat orang anak yang baru saja ditinggalkan suaminya Ipda Purnawirawan Matta. Almarhum meninggalkan harta waris berupa tanah, rumah dan mobil senilai Rp 15 Miliar. Pada bulan Maret 2017, ketiga anak ibu Fariani mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Agama Kota Baubau, Sulawesi Tenggara dengan nomor 163/ptg/ 2013/PA/2017, yang inti gugatannya : Meminta bagian mereka selaku ahli waris yang sah atas harta waris almarhum ayah mereka. Dunia makin aneh? Anak kurang ajar? Tidak. Banyak orang yang memiliki pendapat seperti ibu Fariani, sebagaimana yang saya kutip di paragraf pertama di atas. Pendapat yang KELIRU. Begitu seorang suami meninggal dunia, maka hartanya tidak serta merta menjadi miliki istri atau anak-anaknya. Harta itu berubah menjadi h

CERITA 19 EKOR SAPI

Dul Kemit, Dede dan Khomsul datang ke rumah pak Lurah sambil bersungut-sungut. Mereka mencari orang yang bisa menyelesaikan masalah mereka. Pak Lurah menyambut mereka, dan tiga bersaudara ini menyampaikan masalahnya. Ayah Dul Kemit, Dede dan Khomsul baru saja meninggal seminggu lalu. Ceritanya, almarhum ayah meninggalkan WASIAT bahwa 19 ekor sapi yang ditinggalkan dibagi untuk mereka bertiga dengan porsi : Dul Kemit 1/2 bagian, Dede 1/4 bagian dan Khomsul 1/5 bagian. Pak Lurah pusing menghitung pembagiannya, karena pesan almarhum adalah saat membagi : sapi tidak boleh disembelih, dijual atau dikurangi. Untuk itu dia minta bantuan pak Bhabin dan Babinsa. Lalu pak Bhabin bilang", Sapi ada 19. Mau dibagi untuk Anak pertama 1/2, anak kedua 1/4 dan anak ketiga 1/5 tanpa menyembelih, tanpa mengurangi". Ketiga bersaudara itu menangguk-angguk. "Oke kalau begitu, supaya tidak berantem, saya akan sumbangkan satu ekor sapi milik saya untuk MENGG