Skip to main content

LIMA RIBU DULU, LIMA RIBU KINI


Masih soal kedatangan Raja Saudi, masih belum bosen. Gambar di bawah (atau samping) adalah gambar uang Rp 5.000,- terbitan tahun 1958. Konon, uang segitu pada jaman itu bisa buat beli mobil.

Lalu apa hubungannya sama Raja Saudi?

Orang bilang Raja Saudi datang membawa uang US$ 25 Miliar. Benarkah begitu? Ternyata tak persis seperti itu. Persisnya adalah dia membawa KOMITMEN INVESTASI nyaris senilai US$ 25 Miliar. Baru komitmen, lha MoU-nya saja baru ditandatangani.

Datang dari mana uang yang dikomitmenkan itu? Datangnya dari (rencana) jual saham Saudi Aramco yang 5% itu. Konon nilainya US$ 100 Miliar, masih "konon" karena kejadian IPO baru akan ada di suatu waktu nanti di tahun 2018. Belum kejadian.

Nah, kenapa kok Raja Saudi repot-repot keliling Dari Malaysia, Indonesia, Jepang sampai China-nya sekarang? Ya, karena buat orang punya duit, duit didiamkan saja itu RUGI. Duit harus diputar, di-INVESTASIKAN. Supaya nanti hidup orang Arab Saudi tak hanya mengandalkan dari minyak yang makin lama makin habis, dan terus merosot harga (dan keuntungan)nya.

Pepatah kita dulu bilang : Sedikit sedikit, lama-lama menjadi bukit tidak relevan buat orang berduit. Yang benar : Sedikit-sedikit lama-lama habis. Kenapa habis? Fisik duitnya sih enggak habis, tapi NILAInya habis... digerus tuyul bernama INFLASI.

Itu kenapa, keliling dunia bikin MoU nya sekarang ? Supaya nanti pas ada duitnya bener, langsung nyemplung jadi usaha, bisa muter, menghasilkan keuntungan berupa RETURN investasi. Duitnya nggak sempat mandeg dimakan inflasi, atau habis dipakai piknik dan konsumsi.

Jadi ya bener kalau Raja Arab Saudi datang membawa (komitmen) uang tanpa bunga...lha iya, kan dia nggak bermaksud menyimpan atau meminjamkan uangnya di Indonesia seperti IMF atau Bank Dunia misalnya, ya nggak pake minta atau ngasih bunga lah ...

Kembali ke uang Rp 5000 perak itu, nilainya sekarang terdegradasi oleh inflasi. Dulu bisa buat beli mobil, sekarang hanya cukup buat parkir mobil di depan ruko (selama satu jam).

Kalau Raja Arab Saudi saja yang duitnya banyak masih mau melakukan kegiatan investasi, kenapa kita hanya kebagian ributnya saja. Dikomporin sama postingan cyber army yang punya "udang dibalik terigu" dengan jargon khas : Like, Ketik Amin, Share dan Viralkan !

Investasi bukan hanya melestarikan nilai "asset" kita, bila dilakukan dengan baik dan benar investasi juga bisa mengembangkan Asset. Dan Raja Arab Saudi tahu betul itu...

Maka, ayo berinvestasi di tempat yang bener, jangan ke model Koperasi Panda... ah sudahlah. Jangan terjerumus jadi BPJS (Bujet Pas-Pasan, Jiwa Sosialita)

** Endingnya tetep jualan
 
(Ditulis, 13 Maret 2017)

Comments

Popular posts from this blog

MAU JUAL GINJAL? BACA SAMPAI SELESAI !

Sudah dua tahun tak bertemu, seorang teman mengirimkan "broadcast message" (BM) di perangkat Blackberry saya. BM-nya agak mengerikan : dia mencari donor ginjal untuk saudaranya yang membutuhkan. Soal harga -bila pendonor bermaksud "menjual" ginjalnya bisa dibicarakan dengannya. Membaca BM itu, saya teringat kisah pak Dahlan Iskan dalam bukunya GANTI HATI. Dengan jenaka beliau bercanda, bahwa kini dia memiliki 2 bintang seharga masing-masing 1 milyar, satu bintang yang biasa dia kendarai kemana-mana (logo mobil Mercedez) dan satu bintang jahitan di perutnya hasil operasi transplatasi hati. Ya, hati pak Dahlan "diganti" dengan hati seorang anak muda dari Cina, kabarnya harganya 1 miliar. Lalu, iseng-iseng saya browsing, dan ketemulah data ini, Data Harga organ tubuh manusia di pasar gelap (kondisi sudah meninggal dibawah 10 jam, sumber :http://namakuddn.wordpress.com/2012/04/27/inilah-daftar-harga-organ-tubuh-manusia-di-pasar-gelap/) 1. Sepasang bola mata: U

KAN SAYA MASIH HIDUP ...

“Harta, sebenarnya belum bisa dikatakan pembagian harta karena saya masih hidup. Tetapi saya tetap akan membagikan hak mereka masing-masing sesuai dengan peraturan agama,” ujar ibu Fariani. Ibu Fariani adalah seorang ibu dengan empat orang anak yang baru saja ditinggalkan suaminya Ipda Purnawirawan Matta. Almarhum meninggalkan harta waris berupa tanah, rumah dan mobil senilai Rp 15 Miliar. Pada bulan Maret 2017, ketiga anak ibu Fariani mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Agama Kota Baubau, Sulawesi Tenggara dengan nomor 163/ptg/ 2013/PA/2017, yang inti gugatannya : Meminta bagian mereka selaku ahli waris yang sah atas harta waris almarhum ayah mereka. Dunia makin aneh? Anak kurang ajar? Tidak. Banyak orang yang memiliki pendapat seperti ibu Fariani, sebagaimana yang saya kutip di paragraf pertama di atas. Pendapat yang KELIRU. Begitu seorang suami meninggal dunia, maka hartanya tidak serta merta menjadi miliki istri atau anak-anaknya. Harta itu berubah menjadi h

CERITA 19 EKOR SAPI

Dul Kemit, Dede dan Khomsul datang ke rumah pak Lurah sambil bersungut-sungut. Mereka mencari orang yang bisa menyelesaikan masalah mereka. Pak Lurah menyambut mereka, dan tiga bersaudara ini menyampaikan masalahnya. Ayah Dul Kemit, Dede dan Khomsul baru saja meninggal seminggu lalu. Ceritanya, almarhum ayah meninggalkan WASIAT bahwa 19 ekor sapi yang ditinggalkan dibagi untuk mereka bertiga dengan porsi : Dul Kemit 1/2 bagian, Dede 1/4 bagian dan Khomsul 1/5 bagian. Pak Lurah pusing menghitung pembagiannya, karena pesan almarhum adalah saat membagi : sapi tidak boleh disembelih, dijual atau dikurangi. Untuk itu dia minta bantuan pak Bhabin dan Babinsa. Lalu pak Bhabin bilang", Sapi ada 19. Mau dibagi untuk Anak pertama 1/2, anak kedua 1/4 dan anak ketiga 1/5 tanpa menyembelih, tanpa mengurangi". Ketiga bersaudara itu menangguk-angguk. "Oke kalau begitu, supaya tidak berantem, saya akan sumbangkan satu ekor sapi milik saya untuk MENGG