Skip to main content

PANEN GRATIS

Sejak bekerja sepenuhnya dari rumah bulan Maret 2020 lalu, praktis kami tak bepergian ke tempat yang lebih jauh dari radius 50 kilometer dari rumah.

Termasuk "liburan long weekend" kali ini. Sederhana, kami mencoba sebisa mungkin menghindari kerumunan yang berujung pada potensi penularan Covid.
Penakut banget ya? Ya, karena kami sudah menjadi saksi bagaimana beberapa orang dekat -teman dan nasabah- harus "pulang" duluan karena Covid setelah menjalani perawatan di RS yang menelan biaya RATUSAN JUTA rupiah!

Untuk membunuh rasa bosan, kami mengalihkan bujet travelling ke kegiatan lain. Istri saya berkebun dan saya membangun instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Serba DIY (Do It Yourself) bermodal tutorial di Yutub, ilmu Fisika jaman SMA dan hasil Ekskul Elektronika saat SMP.

Dan inilah hasilnya, saya mau berbagi untuk anda semua. 

Dengan dua panel surya berkekuatan 400 Watt Peak (Wp) yang disalurkan ke aneka peralatan seperti di gambar serta dua aki @150 Ampere, instalasi ini bisa menghidupi seperangkat PC dengan dual monitor, dua laptop anak saya, TV di kamar, lampu-lampu ruang kerja, modem router serta tentu mengisi baterai Handphone.

Total kebutuhan daya untuk perangkat di atas sekitar 200 watt, dan sepanjang siang kami bisa melepas ketergantungan pada PLN untuk menghidupi perangkat di atas. Bahkan untuk laptop dan modem, bisa hidup 24 jam tanpa listrik PLN.

Kenapa PLTS?

Idenya muncul tiga bulan lalu saat saya akan mengisi sebuah Webinar untuk nasabah prioritas sebuah bank. Dua jam menjelang acara, tiba-tiba listrik PLN mati. Panik? Iya lah. Dari pengalaman itu, terbetiklah ide membangun PLTS ini sebagai "backup".

Dengan PLTS ini tiba-tiba saya merasa betapa sinar matahari ini sangat berharga.
Karena dulu, ketika belum ada PLTS ini, tiap kali matahari bersinar terik kami sering mengeluh kepanasan. Tapi kini justru berdoa semoga mstahari bersinar terang.

Dengan sinarnya yang cerah, saya bisa panen gratis tiap hari. Ngirit bayar tagihan PLN pula. Alhamdulillah.  Di balik pandemi selalu ada hikmah.

Comments

Popular posts from this blog

MAU JUAL GINJAL? BACA SAMPAI SELESAI !

Sudah dua tahun tak bertemu, seorang teman mengirimkan "broadcast message" (BM) di perangkat Blackberry saya. BM-nya agak mengerikan : dia mencari donor ginjal untuk saudaranya yang membutuhkan. Soal harga -bila pendonor bermaksud "menjual" ginjalnya bisa dibicarakan dengannya. Membaca BM itu, saya teringat kisah pak Dahlan Iskan dalam bukunya GANTI HATI. Dengan jenaka beliau bercanda, bahwa kini dia memiliki 2 bintang seharga masing-masing 1 milyar, satu bintang yang biasa dia kendarai kemana-mana (logo mobil Mercedez) dan satu bintang jahitan di perutnya hasil operasi transplatasi hati. Ya, hati pak Dahlan "diganti" dengan hati seorang anak muda dari Cina, kabarnya harganya 1 miliar. Lalu, iseng-iseng saya browsing, dan ketemulah data ini, Data Harga organ tubuh manusia di pasar gelap (kondisi sudah meninggal dibawah 10 jam, sumber :http://namakuddn.wordpress.com/2012/04/27/inilah-daftar-harga-organ-tubuh-manusia-di-pasar-gelap/) 1. Sepasang bola mata: U

KAN SAYA MASIH HIDUP ...

“Harta, sebenarnya belum bisa dikatakan pembagian harta karena saya masih hidup. Tetapi saya tetap akan membagikan hak mereka masing-masing sesuai dengan peraturan agama,” ujar ibu Fariani. Ibu Fariani adalah seorang ibu dengan empat orang anak yang baru saja ditinggalkan suaminya Ipda Purnawirawan Matta. Almarhum meninggalkan harta waris berupa tanah, rumah dan mobil senilai Rp 15 Miliar. Pada bulan Maret 2017, ketiga anak ibu Fariani mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Agama Kota Baubau, Sulawesi Tenggara dengan nomor 163/ptg/ 2013/PA/2017, yang inti gugatannya : Meminta bagian mereka selaku ahli waris yang sah atas harta waris almarhum ayah mereka. Dunia makin aneh? Anak kurang ajar? Tidak. Banyak orang yang memiliki pendapat seperti ibu Fariani, sebagaimana yang saya kutip di paragraf pertama di atas. Pendapat yang KELIRU. Begitu seorang suami meninggal dunia, maka hartanya tidak serta merta menjadi miliki istri atau anak-anaknya. Harta itu berubah menjadi h

CERITA 19 EKOR SAPI

Dul Kemit, Dede dan Khomsul datang ke rumah pak Lurah sambil bersungut-sungut. Mereka mencari orang yang bisa menyelesaikan masalah mereka. Pak Lurah menyambut mereka, dan tiga bersaudara ini menyampaikan masalahnya. Ayah Dul Kemit, Dede dan Khomsul baru saja meninggal seminggu lalu. Ceritanya, almarhum ayah meninggalkan WASIAT bahwa 19 ekor sapi yang ditinggalkan dibagi untuk mereka bertiga dengan porsi : Dul Kemit 1/2 bagian, Dede 1/4 bagian dan Khomsul 1/5 bagian. Pak Lurah pusing menghitung pembagiannya, karena pesan almarhum adalah saat membagi : sapi tidak boleh disembelih, dijual atau dikurangi. Untuk itu dia minta bantuan pak Bhabin dan Babinsa. Lalu pak Bhabin bilang", Sapi ada 19. Mau dibagi untuk Anak pertama 1/2, anak kedua 1/4 dan anak ketiga 1/5 tanpa menyembelih, tanpa mengurangi". Ketiga bersaudara itu menangguk-angguk. "Oke kalau begitu, supaya tidak berantem, saya akan sumbangkan satu ekor sapi milik saya untuk MENGG