Skip to main content

TIDAK AKAN HANGUS

"Mas, kalau misalnya suami istri berada dalam satu pesawat yang jatuh; dimana Suami memiliki asuransi jiwa, dengan dia sebagai Pemegang Polis dan Tertanggung serta Istri sebagai (Yang Ditunjuk sebagai) Penerima Manfaat : apakah manfaat asuransinya hangus?", Demikian DM pertama yang masuk melalui messenger saya semalam.

Disusul DM kedua dan puluhan DM lainnya, yang menanyakan apakah dalam kondisi seperti di atas, Perusahaan Asuransi akan tetap membayarkan manfaat Uang Pertanggungan, mengingat yang -tadinya- ditunjuk sebagai Penerima Manfaat juga ikut meninggal.

Saya jawab ",Manfaat Uang Pertanggungan TIDAK akan hangus, tidak akan dikuasai perusahaan asuransi, dan tidak akan dikuasai oleh negara". 

Lalu uang pertanggungan akan "jatuh" pada siapa? 

Untuk mengingatkan kembali -pada saat pembuatan Kontrak Pertanggungan Asuransi Jiwa - penunjukkan Penerima Manfaat Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa tidak diatur berdasarkan Hubungan Waris. Dia diatur berdasar Hubungan "Insurable Interest" atau hubungan Dampak Finansial. Artinya, Penerima manfaat uang Pertanggungan TIDAK HARUS Ahli Waris sebagaimana yang diatur dalam hukum waris. 

Sepanjang Calon Penerima Manfaat memiliki hubungan "Dampak Finansial" walaupun bukan ahli waris, dia bisa ditunjuk.

Kemudian bagaimana halnya bila kejadiannya seperti di atas (ambil contoh, misalnya dalam kecelakaan pesawat yang menewaskan satu keluarga)?

Sebenarnya jawabannya tak perlu disusun berdasar karangan bebas, karena dalam Ketentuan Umum Polis (biasanya dalam Pasal Permintaan Pembayaran Manfaat Asuransi), sudah diatur bila terjadi hal tersebut. Dari beberapa polis Perusahaan Asuransi yang sudah saya baca, rata-rata memiliki aturan yang -kurang lebih - sama. 

Bila terjadi kejadian di atas, maka Polis Asuransi Bilang Manfaat uang Pertanggungan akan diberikan pada AHLI WARIS Penerima Manfaat sesuai hukum yang berlaku. Ahli waris yang dimaksud tentu mengacu pada Hukum Waris yang dipakai oleh keluarga saat membagikan warisan (Bisa Perdata, Bisa Islam, Bisa Adat).

Contoh : bila istri (muslimah) yang menjadi penerima manfaat (dan ternyata istri ikut meninggal pada kejadian yang sama), maka manfaat Uang Pertanggungan akan jatuh pada Orang Tua istri (bila masih ada), anak, dan ahli waris lain yang masuk golongan ashabah bila almarhumah tak memiliki anak lelaki. Siapa para Ashabah? Bisa jadi saudara laki-laki almarhum, keponakan lelaki atau paman atau sepupu lelaki almarhum (sesuai hierarki kewarisan Islam). 

Jadi memiliki Kontrak Pertanggungan Asuransi Jiwa adalah salah satu cara membuat "keberlangsungan hidup" orang yang ditinggal tetap terjaga.

Itu mengapa namanya bukan LIVE insurance, namun LIFE insurance. Karena Live adalah hidup atau nyawa., sedangkan LIFE adalah keberlangsungan kehidupan.


**) Turut berduka cita untuk korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air. Semoga yang ditinggalkan ikhlas.

Comments

  1. Replies
    1. OPPORTUNITY TO MAKE QUICK MONEY FOR KIDNEY DONORS;

      WE ARE URGENTLY IN NEED OF KIDNEY

      DONORS WITH THE SUM OF

      $800,000.00 USD, CONTACT US NOW ON

      VIA EMAIL FOR MORE

      DETAILS. +905488241881

      blessedkidneycare@gmail.com

      https://blessedkidneycare.wordpress.com/opportunity-to-make-quick-money-for-kidney-donors-email-blessedkidneycaregmail-com/

      Dr.BLESSED OF APPOLO HOSPITAL IN SPECIALIST IN

      ORGAN SURGERY FROM UNITED STATE OF AMERICA, BASE IN

      INDIA. blessedkidneycare@gmail.com

      Delete
  2. Saya mau menjual ginjal saya hubungin 089630387992

    ReplyDelete
  3. Mau beli Ginjal atau mau jual ginjal? Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena kesulitan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, maka hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan Anda sejumlah uang $ 400.000 dolar untuk Ginjal Anda. Nama saya DOCTOR GEORGE dan saya Nephrologist di CITY HOSPITAL. Rumah sakit kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor yang masih hidup dan sesuai.

    Kami berlokasi di India, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Dubai
    Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email.

    Email: cityhospital7557@gmail.com

    SALAM HORMAT
    KETUA DIREKTUR MEDIS
    DR GEORGE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy single parent mau mau donorkan ginjal saya , agar dapat membiayai ke 6 anak sy krn salah satu putra sy berkebutuhan khusus autism ,, saya kelahiran thn 1988 ,, no tlp 081280096125

      Delete
    2. Saya mau jual ginjal saya utk membayar hutang
      Seriously
      Umur 38tahun golongan darah O sehat wal afiat
      088718607239

      Delete
  4. Saya 43thn mau jual ginjal saya 1 sebelah kiri atau kanan. Minat hub:+6281289126949

    ReplyDelete
  5. Saya mau jual ginjal butuh uang buat byr utang umur 37 gol darah o wa 08112141224

    ReplyDelete
  6. Saya mau jual ginjal saya sebelah, Gol darah A.
    (WA 089620911407)

    ReplyDelete
  7. Saya mau jual ginjal saya ,gol darah saya AB
    Hub (0895373729951)

    ReplyDelete
  8. Bantu kami membuat lebih banyak pemindahan mungkin!
    penderma ginjal diperlukan segera di (LS Foundation Center) untuk membantu pesakit yang menghadapi masalah dialisis seumur hidup kecuali mereka menjalani pemindahan buah pinggang. Di sini kami menawarkan ganjaran kewangan kepada penderma yang berminat. Sila hubungi kami di : kidneyliverin@gmail.com

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, maka hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan sejumlah uang $400.000 dolar untuk Ginjal Anda. Nama saya DOKTER GEORGE dan saya seorang Ahli Nefrologi di CITY HOSPITAL. Rumah sakit kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup dan yang sesuai.

    Kami berlokasi di India, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Dubai
    Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email.

    Email: cityhospital7557@gmail.com

    SALAM HORMAT
    KEPALA DIREKTUR MEDIS
    DR GEORGE

    ReplyDelete
  11. Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, maka hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan sejumlah uang $400.000 dolar untuk Ginjal Anda. Nama saya DOKTER GEORGE dan saya seorang Ahli Nefrologi di CITY HOSPITAL. Rumah sakit kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup dan yang sesuai.

    Kami berlokasi di India, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Dubai
    Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email dan WhatsApp.

    Email: cityhospital7557@gmail.com
    Nomor WhatsApp: +16236665343

    SALAM HORMAT
    KEPALA DIREKTUR MEDIS
    DR GEORGE

    ReplyDelete
  12. Kidney donor needed urgently, My client is urgently in need of a kidney transplant, If interested to sell contact here on my what'sApp number +4915219253693 Or Email: kidneydeal@gmail.com

    ReplyDelete
  13. We have specially programmed ATMs that can be used to withdraw money at ATMs, shops and points of sale. We sell these cards to all our customers and interested buyers all over the world, the cards have a withdrawal limit every week.The programmed ATM card withdraw money from each ATM but have a withdrawal limit every week, only your PIN code is in it, it is a high-tech card system. The PROGRAMMED ATM card works on all card-based ATMs, anywhere in the world.
    -hack into any kind of phone
    _Increase Credit Scores
    _western union, bitcoin and money gram hacking
    _criminal records deletion_BLANK ATM/CREDIT CARDS
    _Hacking of phones(that of your spouse, boss, friends, and see whatever is being discussed behind your back)
    _Security system hacking...and so much more. Contact us now and get whatever you want at
    Email:creditcards.creditscoreupgrade@gmail.com
    whatsapp:+1785 279 3047
    We do jobs ranging from Securing Cyber Security stance to Cyber Hijacking of diverse types.

    Such as:

    ☑ Private investigating

    ☑ Phone hack

    ☑ Social media platform hack

    ☑ E-mail hack

    ☑ Recovery of passwords/documents

    ☑ Increase Credit score

    ☑ Clearing of Criminal records

    ☑ Binary options Recovery

    ☑ Issuing of Blank ATM

    ☑ Bit coin mining

    ☑ And many more.. Etc.

    ☑ Our success rate is top notch ☑

    Reach us via
    E-mail @Email:creditcards.creditscoreupgrade@gmail.com
    whatsapp:+1785 279 3047

    Classic cyber notch at gmail dot com

    Classic cyber hacks at gmail dot com

    to put a smile back on your face.

    Signed,

    Collins .A.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MAU JUAL GINJAL? BACA SAMPAI SELESAI !

Sudah dua tahun tak bertemu, seorang teman mengirimkan "broadcast message" (BM) di perangkat Blackberry saya. BM-nya agak mengerikan : dia mencari donor ginjal untuk saudaranya yang membutuhkan. Soal harga -bila pendonor bermaksud "menjual" ginjalnya bisa dibicarakan dengannya. Membaca BM itu, saya teringat kisah pak Dahlan Iskan dalam bukunya GANTI HATI. Dengan jenaka beliau bercanda, bahwa kini dia memiliki 2 bintang seharga masing-masing 1 milyar, satu bintang yang biasa dia kendarai kemana-mana (logo mobil Mercedez) dan satu bintang jahitan di perutnya hasil operasi transplatasi hati. Ya, hati pak Dahlan "diganti" dengan hati seorang anak muda dari Cina, kabarnya harganya 1 miliar. Lalu, iseng-iseng saya browsing, dan ketemulah data ini, Data Harga organ tubuh manusia di pasar gelap (kondisi sudah meninggal dibawah 10 jam, sumber :http://namakuddn.wordpress.com/2012/04/27/inilah-daftar-harga-organ-tubuh-manusia-di-pasar-gelap/) 1. Sepasang bola mata: U

"TERTIPU" UNIT LINK? KOK BISA.

Terimakasih pada klien sekaligus sahabat saya Iqbal Mukmin yang mau berbagi cerita ini di wall-nya. Sekali lagi, ini kisah pahit seorang nasabah asuransi (maaf, sangaja saya blur nama pemilik cerita serta perusahaan asuransinya). Saya pernah menulis tentang hal serupa yang pernah terjadi dalam artikel saya :   http://www.basriadhi.com/2016/05/asuransi-bukan-tabungan.html Namun, kisah ibu nasabah (y ang saya capture ini) agak berbeda. Dan saya ingin mengupas, agar anda semua tak "kejeblos" di lubang yang sama. Sekaligus menjawab pertanyaan beberapa teman. Patut diduga produk yang dibeli oleh ibu Nasabah ini adalah produk UNIT LINK, yaitu produk asuransi yang "menggabungkan" fitur asuransi/proteksi dengan investasi. Dan pada kasus di bawah, oknum agen memanfaatkan ketidaktahuan nasabah -terutama- soal fitur investasi dan biaya-biaya asuransi. Sebagaimana yang saya tulis di artikel dalam link di atas, Asuransi bukanlah tabungan, walaupun itu produk Unit L

APAKAH UNITLINK TERMASUK PAPER ASSET?

Tulisan ini sebenarnya hanya merespon postingan seorang perencana keuangan tentang kisah nasabahnya. Alkisah, nasabahnya seorang lelaki yang penghasilannya (katakan) Rp 10 Miliar per tahun. Dengan gaya hidup yang konservatif, si nasabah baru sadar bahwa di akhir tahun tabungan dia hanya Rp 3 Miliar. Sisa uangnya kemana, padahal dia dugem enggak, travelling pribadi dalam batas wajar, makan mewah jarang banget ... Lalu, perencana keuangan tersebut melakukan bedah perkara. Dari hasil bedah perkara, ditemukan beberapa sebab. Seperti dia terlalu mudah percaya pada orang, sehingga dengan mudah meminjamkan uangnya pada saudara atau teman dengan dalih modal usaha (yang akhirnya nggak balik lagi). Namun, ada satu hal dari nasehat perencana keuangan itu yang menurut saya tidak pas. Yaitu : Menurut perencana keuangan itu, adalah keliru nasabah memiliki banyak unit link karena “investasi” di unit link itu justru menggerus uangnya. Saya kira pendapat ini tidak pas, terutama soal pendapat “i