Skip to main content

PAILIT dan BANGKRUT

Saya tulis artikel ini, karena banyaknya pertanyaan dari nasabah saya terkait RENCANA dua orang mantan agen perusahaan asuransi tempat saya bekerjasama untuk mengajukan gugatan pailit melalui mekanisme PKPU sesuai UU Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang.

Banyak nasabah bingung dan takut ini berpengaruh pada uang program asuransi (terutama yang terkait produk unit link, karena ada investasinya) yang dipercayakan pada perusahaan tersebut.

Secara keuangan -sejauh ini - perusahaan tersebut tak ada masalah. Kinerja masih baik-baik saja, jauh dari kata bangkrut. Karena BANGKRUT dan PAILIT adalah dua hal yang berbeda.

Begini kira-kira ceritanya : Pailit diatur dalam UU Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang ( PKPU). Menurut UU tersebut, sebuah perusahaan dinyatakan pailit ketika ada debitur (pihak yang perusahaan yang memiliki hutang), dinyatakan tidak membayar hutang yang jatuh tempo dari dua atau lebih kreditur (pihak yang memberi hutang pada perusahaan).

Status pailit berlaku ketika sudah ada putusan dari Pengadilan Niaga, baik berasal dari permohonan sendiri maupun satu atau lebih kreditor. Setelah dinyatakan pailit, pengadilan memutuskan untuk menjual seluruh aset perusahaan yang hasilnya digunakan untuk membayar kewajiban debitur yang sudah berstatus pailit ke kreditur. Pengurusan aset selama pailit dilakukan oleh kurator yang ditunjuk pengadilan.

Artinya, hanya Pengadilan Niaga, melalui serangkaian proses persidangan yang bisa memutuskan sebuah perusahaan pailit atau tidak. Dan upaya hukum baik dari Debitur atau Kreditur bisa sampai ke level Kasasi di Mahkamah Agung. Bukan proses peradilan sehari dua hari.

Lalu apa bedanya PAILIT dan BANGKRUT ?

Perbedaan bangkrut dan pailit lazimnya dapat diindikasikan dari kondisi keuangan perusahaan. Perusahaan yang dinyatakan bangkrut pasti kondisi keuangannya tidak sehat (Hutang lebih besar dari Asset, keuntungan tak ada bahkan minus) operasional perusahaan sesak nafas akut.

Sementara pada perusahaan yang dinyatakan pailit oleh pengadilan, belum tentu kondisi keuangannya sesak nafas. Pada beberapa kasus perusahaan yang dinyatakan pailit, kondisi keuangannya masih sehat dan beroperasi normal.

Walaupun status pailit juga bisa berujung pada kebangkrutan, itu terjadi jika aset perusahaan tak cukup untuk membayar kewajiban. Artinya, perusahaan yang dinyatakan pailit tak lagi memiliki aset dan tak bisa lagi beroperasi yang berujung pada gulung tikar.

Apakah nantinya bila ada PKPU tetap ada jalan tengah atau mediasi.  Bisa. Pengadilan akan memberikan waktu 45+270 hari sampai ditetapkannya sebuah perusahaan menjadi (benar-benar) berstatus pailit.

Baik, tanpa ada maksud sedikitpun mencampuri "perseteruan" tersebut saya buka sedikit data tentang keuangan perusahaan tempat saya bekerjasama ini. Saya ambil dari Laporan Keuangan Kuartal 2 tahun 2020 (unaudited) : Total Asset Rp 48,9 Trilyun, Liabilitasnya Rp 34 Trilyun, Total Laba komprehensifnya Rp 302 Milyaran dan Risk Base Capital (kemampuan membayar klaim) 739%, jauh di atas standar pemerintah yang 120%.

Dengan klaim tuntutan sebesar Rp 63 Milyar (saya baca di liputan media), ya kalaupun misalnya tuntutan itu memang harus dipenuhi (sesuai kata pengadilan nantinya), itu tak harus membuat perusahaan tersebut pailit, karena total asset dan kemampuan bayar perusahaan jauh di atas angka tuntutan tersebut.

Semoga informasi cukup memberi ketenangan.

** Disklaimer :
Artikel ini tidak bermaksud membela pihak manapun, dan tak ada maksud mempengaruhi proses hukum yang sedang berjalan.. Hanya mencoba menjelaskan mengenai perbedaan Pailit dan Bangkrut. Pailit tidak sama dengan bangkrut. Sehingga tidak alasan-terutama bagi nasabah saya- untuk panik.

Comments

  1. saya mau jual ginjal satu ,, umur 23 thn golongan darah o plus , alamat sumatra selatan kota lubuk linggau nomor hp 082111581036 dibutuhkan segera bagi yang mau beli ginjal saya ,, saya lakukan untuk ekonomi saya yng sedang hancur karena korona karena saya sudah lama di phk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mau jual ginjal saya umur 35th sya lagi butuh buat biaya kebutuhan keluarga saya no083804340995

      Delete
    2. Танай банк татгалзсан уу, эсвэл зээл авахад бэрхшээлтэй тулгараад байна уу, энэ Great Man Paco Loan Company-ийн талаар дэлхий нийтэд мэдээсэй гэж би үнэхээр хүсч байна. Энэ бол 24 цагийн дотор зээл авах боломж бөгөөд энэ нь итгэмээргүй юм. Би Пако Зээлийн Компаниас өөрийн дансанд 39,000 доллар хүлээн авсан. Тэр хийдэг бүх зүйлдээ маш сайн мэргэжилтэн. Пако Зээлийн компани сайн байна. Пако Зээлийн компани сайн байна. 18172866412 эсвэл вэб сайтаар: pacoloancompany@gmail.com

      Delete
  2. sya ingin menjual ginjal sya
    tpi sya ingin tahu harga ginjal sya brpa

    ReplyDelete
  3. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    ReplyDelete
  4. Saya ingin menjual ginjal sebelah saya Atau donor hati ataw jual sumsum tulang belakang mana yang anda perlukan saya siap untuk melakukan nya , hubungi saya di WhatsApp 085722431101 saya butuh uang mendesak tolong saya

    ReplyDelete
  5. Saya ingin menjual ginjal saya saya perempuan usia 37 tahun gol A

    ReplyDelete
  6. Saya mau jual ginjal saya untuk menutipi hutang hutang saya. Aya tehuh nugroho slamet holongan dara O n umur saya 28 thun n saya dri jepara kota ukir

    ReplyDelete
  7. Mohon di bantu krn saya sudah gk tahan di uber uber sma penagihnya

    ReplyDelete
  8. Saya mau jual ginjal saya gol darah A+ tlp.085771517489

    ReplyDelete
  9. Apakah Anda ingin menjual salah satu ginjal Anda?
    Apakah Anda sedang mencari kesempatan untuk menjual 1 ginjal Anda demi uang karena krisis keuangan dan tidak tahu harus berbuat apa?
    Kemudian, hubungi kami hari ini melalui: DR.PRADHAN.UROLOGIST.LT.COL@GMAIL.COM
    kami akan memberikan jumlah yang baik untuk ginjal Anda karena kami sangat membutuhkan ginjal di rumah sakit kami.
    email: DR.PRADHAN.UROLOGIST.LT.COL@GMAIL.COM
    Harga: $ 780.000.

    Web: https://www.drpradhanurologist.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. SaYa Ingin Menjual Ginjal Saya,, Umur 33 Tahun, Jenis Kelamin Laki-Laki, Gol Darah A+.
      TLP. 082296176664
      EMail: Icasalaula@Gmail.com

      Delete
    2. SaYa Ingin Menjual Ginjal Saya,, Umur 33 Tahun, Jenis Kelamin Laki-Laki, Gol Darah A+.
      TLP/WA. 082296176664

      Delete
    3. Saya sangat niat menjual ginjal saya
      38tahun golonhan darah O 088718607239

      Delete
  10. sy sangat serius lahir bathin donor ginjal, yg benar2 butuh, wa. 08126591963

    ReplyDelete
  11. Assalamu'alaikum kalau ada yg butuhkan ginjal Saya siap donor ginjal umur saya 26 tahun golongan darah B tinggal di tangerang barat hub.no HP 081511266852

    ReplyDelete
  12. Minat final bisa hub 081384934886

    ReplyDelete

  13. SAYA MAU JUAL GINJAL SAYA 650.000.000 JUTA RUPIAH, UNTUK BAYAR UTANG-UTANG, TOLONG SAYA BUTUH BANGET UNTUK BAYAT UTANG-UTANG SAYA .
    NAMA : MUH FACHRURAZI
    USIA : 23 TAHUN
    GOLONGAN DARAH : A
    NO hp / WA. : 082251559162
    TINGGAL DI KOTA SANARINDA

    TOLONG SAYA

    ReplyDelete

  14. SAYA MAU JUAL GINJAL SAYA 650.000.000 JUTA RUPIAH, UNTUK BAYAR UTANG-UTANG, TOLONG SAYA BUTUH BANGET UNTUK BAYAT UTANG-UTANG SAYA .
    NAMA : MUH FACHRURAZI
    USIA : 23 TAHUN
    GOLONGAN DARAH : A
    NO hp / WA. : 082251559162
    TINGGAL DI KOTA SANARINDA

    TOLONG SAYA

    ReplyDelete
  15. Nama saya Alfan julianto , domisili jakarta barat . Laki-laki 24th. Siap lahir batin ingin menjual organ terutama Ginjal sebelah kanan atau sel darah Golongan B . No wa 081211893246

    ReplyDelete
  16. Saya mau juwal ginjal saya 081284080365 lokasi jakarta

    ReplyDelete
  17. Saya mau jual sinjal saya.. Goldar saya O,,, lokasi kalsel 082258859195

    ReplyDelete
  18. Saya ingin jual ginjal saya sebelah kiri atau sebelah kanan
    Umurku 17thn nomor WA 082268067236

    ReplyDelete
  19. Assalamu'alaikum
    Saya ingin jual ginjal saya sebelah kiri atau sebelah kanan umurku 17th WA:082268067236
    Lokasi :Aceh Utara

    ReplyDelete
  20. Saya mau jual ginjal saya golongang darah 0+

    ReplyDelete
  21. Saya ingin menjual ginjal saya saya butuh secepat nya hubungi saya 085865823444

    ReplyDelete
  22. serius donor ginjal, wa. 08126591963

    ReplyDelete
  23. Saya ingin menjual ginjal umur saya 22thn golongan darah O hub wa 085697271890
    Sedang membutuhkan uang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ingin menjual ginjal umur 44thn golongan darah O yg membutuhkan hub 082259993760 wa

      Delete
  24. Saya ingin menjual ginjal saya umur saya 18 tahun jika berminat hubungi 085961483213

    ReplyDelete
  25. saya usia 30 , mau jual ginjal, bersedia untuk di cek kesehatan sebelum melakukan transplantasi. jika ada yg berminat, silahkan hub . 0817 7901 4307, atau wa : 081617912480

    ReplyDelete
  26. Saya ingin jual ginjal Karna dpellit utng 500.000.000 NMR wp, 08⅞772000105

    ReplyDelete
  27. Mau beli Ginjal atau mau jual ginjal? Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena kesulitan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, maka hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan Anda sejumlah uang $ 400.000 dolar untuk Ginjal Anda. Nama saya DOCTOR GEORGE dan saya Nephrologist di CITY HOSPITAL. Rumah sakit kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor yang masih hidup dan sesuai.

    Kami berlokasi di India, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Dubai
    Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email.

    Email: cityhospital7557@gmail.com

    SALAM HORMAT
    KETUA DIREKTUR MEDIS
    DR GEORGE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu boleh tau apa aja saratnya

      Delete
    2. saya mau jual ginjal saya.
      ini nmr WA saya. 081336148071
      dan ini nmer hp saya
      085238669729

      Delete

  28. Sayang berusia 20 THN saya ingin mendonor kan ginjal

    No telpon:085821839428

    ReplyDelete
  29. Help us make more transplant possible!
    kidney donor needed urgently at (LS Foundation Center) to help patients who face lifetime dialysis problems unless they undergo kidney transplant. Here we offer financial reward to interested donors. Please kindly contact us at: kidneyliverin@gmail.com

    ReplyDelete
  30. Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, maka hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan sejumlah uang $400.000 dolar untuk Ginjal Anda. Nama saya DOKTER GEORGE dan saya seorang Ahli Nefrologi di CITY HOSPITAL. Rumah sakit kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup dan yang sesuai.

    Kami berlokasi di India, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Dubai
    Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email.

    Email: cityhospital7557@gmail.com

    SALAM HORMAT
    KEPALA DIREKTUR MEDIS
    DR GEORGE

    ReplyDelete
  31. Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, maka hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan sejumlah uang $400.000 dolar untuk Ginjal Anda. Nama saya DOKTER GEORGE dan saya seorang Ahli Nefrologi di CITY HOSPITAL. Rumah sakit kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup dan yang sesuai.

    Kami berlokasi di India, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Dubai
    Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email.

    Email: cityhospital7557@gmail.com

    SALAM HORMAT
    KEPALA DIREKTUR MEDIS
    DR GEORGE

    ReplyDelete
  32. Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, maka hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan sejumlah uang $400.000 dolar untuk Ginjal Anda. Nama saya DOKTER GEORGE dan saya seorang Ahli Nefrologi di CITY HOSPITAL. Rumah sakit kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup dan yang sesuai.

    Kami berlokasi di India, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Dubai
    Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email.

    Email: cityhospital7557@gmail.com

    SALAM HORMAT
    KEPALA DIREKTUR MEDIS
    DR GEORGE

    ReplyDelete
  33. Pemikiran kritis telah ada selama berabad-abad. Faktanya, semua filsuf dan penyair dunia telah berhasil melihat melampaui apa yang tampak jelas, sehingga mereka dapat memahami makna yang lebih dalam dari berbagai hal dan fungsi dunia.

    ReplyDelete
  34. Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena gangguan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, maka hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan sejumlah uang $400.000 dolar untuk Ginjal Anda. Nama saya DOKTER GEORGE dan saya seorang Ahli Nefrologi di CITY HOSPITAL. Rumah sakit kami mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup dan yang sesuai.

    Kami berlokasi di India, Turki, Amerika Serikat, Malaysia, Dubai
    Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email dan WhatsApp.

    Email: cityhospital7557@gmail.com
    Nomor WhatsApp: +16236665343

    SALAM HORMAT
    KEPALA DIREKTUR MEDIS
    DR GEORGE

    ReplyDelete
  35. Kidney donor needed urgently, My client is urgently in need of a kidney transplant, If interested to sell contact here on my what'sApp number +4915219253693 Or Email: kidneydeal@gmail.com

    ReplyDelete
  36. Танай банк татгалзсан уу, эсвэл зээл авахад бэрхшээлтэй тулгараад байна уу, энэ Great Man Paco Loan Company-ийн талаар дэлхий нийтэд мэдээсэй гэж би үнэхээр хүсч байна. Энэ бол 24 цагийн дотор зээл авах боломж бөгөөд энэ нь итгэмээргүй юм. Би Пако Зээлийн Компаниас өөрийн дансанд 39,000 доллар хүлээн авсан. Тэр хийдэг бүх зүйлдээ маш сайн мэргэжилтэн. Пако Зээлийн компани сайн байна. Пако Зээлийн компани сайн байна. 18172866412 эсвэл вэб сайтаар: pacoloancompany@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MAU JUAL GINJAL? BACA SAMPAI SELESAI !

Sudah dua tahun tak bertemu, seorang teman mengirimkan "broadcast message" (BM) di perangkat Blackberry saya. BM-nya agak mengerikan : dia mencari donor ginjal untuk saudaranya yang membutuhkan. Soal harga -bila pendonor bermaksud "menjual" ginjalnya bisa dibicarakan dengannya. Membaca BM itu, saya teringat kisah pak Dahlan Iskan dalam bukunya GANTI HATI. Dengan jenaka beliau bercanda, bahwa kini dia memiliki 2 bintang seharga masing-masing 1 milyar, satu bintang yang biasa dia kendarai kemana-mana (logo mobil Mercedez) dan satu bintang jahitan di perutnya hasil operasi transplatasi hati. Ya, hati pak Dahlan "diganti" dengan hati seorang anak muda dari Cina, kabarnya harganya 1 miliar. Lalu, iseng-iseng saya browsing, dan ketemulah data ini, Data Harga organ tubuh manusia di pasar gelap (kondisi sudah meninggal dibawah 10 jam, sumber :http://namakuddn.wordpress.com/2012/04/27/inilah-daftar-harga-organ-tubuh-manusia-di-pasar-gelap/) 1. Sepasang bola mata: U

KAN SAYA MASIH HIDUP ...

“Harta, sebenarnya belum bisa dikatakan pembagian harta karena saya masih hidup. Tetapi saya tetap akan membagikan hak mereka masing-masing sesuai dengan peraturan agama,” ujar ibu Fariani. Ibu Fariani adalah seorang ibu dengan empat orang anak yang baru saja ditinggalkan suaminya Ipda Purnawirawan Matta. Almarhum meninggalkan harta waris berupa tanah, rumah dan mobil senilai Rp 15 Miliar. Pada bulan Maret 2017, ketiga anak ibu Fariani mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Agama Kota Baubau, Sulawesi Tenggara dengan nomor 163/ptg/ 2013/PA/2017, yang inti gugatannya : Meminta bagian mereka selaku ahli waris yang sah atas harta waris almarhum ayah mereka. Dunia makin aneh? Anak kurang ajar? Tidak. Banyak orang yang memiliki pendapat seperti ibu Fariani, sebagaimana yang saya kutip di paragraf pertama di atas. Pendapat yang KELIRU. Begitu seorang suami meninggal dunia, maka hartanya tidak serta merta menjadi miliki istri atau anak-anaknya. Harta itu berubah menjadi h

CERITA 19 EKOR SAPI

Dul Kemit, Dede dan Khomsul datang ke rumah pak Lurah sambil bersungut-sungut. Mereka mencari orang yang bisa menyelesaikan masalah mereka. Pak Lurah menyambut mereka, dan tiga bersaudara ini menyampaikan masalahnya. Ayah Dul Kemit, Dede dan Khomsul baru saja meninggal seminggu lalu. Ceritanya, almarhum ayah meninggalkan WASIAT bahwa 19 ekor sapi yang ditinggalkan dibagi untuk mereka bertiga dengan porsi : Dul Kemit 1/2 bagian, Dede 1/4 bagian dan Khomsul 1/5 bagian. Pak Lurah pusing menghitung pembagiannya, karena pesan almarhum adalah saat membagi : sapi tidak boleh disembelih, dijual atau dikurangi. Untuk itu dia minta bantuan pak Bhabin dan Babinsa. Lalu pak Bhabin bilang", Sapi ada 19. Mau dibagi untuk Anak pertama 1/2, anak kedua 1/4 dan anak ketiga 1/5 tanpa menyembelih, tanpa mengurangi". Ketiga bersaudara itu menangguk-angguk. "Oke kalau begitu, supaya tidak berantem, saya akan sumbangkan satu ekor sapi milik saya untuk MENGG